Selamat datang di blog pribadiku.di sini anda bisa melihat beberapa catatan saya dan artikel saya yang mudah-mudahan bisa bermanfaat dan bisa menginspirasi anda semua.

Sunday 16 December 2012

Contoh Fabel







Raja hutan yang Serakah


     Jauh di dalam hutan tinggal seekor singa yang besar dan kuat.Ia senang berburu.Setiap hari ia akan membunuh bukan hanya satu atau dua,tetapi banyak binatang.
     Seluruh binatang hutan sangat ketakutan.Mereka khawatir suatu saat tak seekor binatang pun yang tertinggal.Mereka harus memikirkan suatu rencana untuk menghentikan kekejaman singa itu.
     Karena kebingungan suatu hari seluruh binatang berkumpul.Mereka bermusyawarah,"Apa yang harus kita lakukan?"tanya menjangan malu-malu."Kita harus menemui singa itu dan berbicara kepadanya tentang hal ini." jawab babi hutan "betul,betul!!" sahut kera dan gajah hampir bersamaan.
      Lalu para binatang yang ketakutan itu perlahan-lahan beriringan menuju singa.Sang singa sangat heran melihat kedatangan mereka itu."mengapa kalian semua datang ke sini?ada masalah apa?" tegur singa.Dengan gemetar mereka berkata"Wahai sang raja rimba!,setiap hari anda memakan binatang,dan hampir semua binatang kau makan,itu bahaya."bahaya apa?"."Anda akan tinggakl sendiri dan tidak ada yang bisa anda suruh lagi".
      "Benar apa yang kalian katakan"sahut sang singa."Tuan raja di dalam sumur tua terdapat singa yang jahat dan kuat" suara kelinci dengan gemetar."Apakah benar,antarkan aku ke sana".kata singa.Setelah sampai di sumur,sang singa di suruh menganguk sumur "Siapa kau?ini daerah kekuasaanku"kata singa kepada bayangannya di dalam sumur,"masuk saja ke dalam raja"kata jerapah.Singa pun masuk ke dalam sumur tersebut.Dan akhirnya singa pun masuk ke dalam sumur dan tidak bisa keluar lagi.

No comments: